Thursday, June 18, 2020

PHOTO IMPACT 8

Langkah Praktis Belajar design Grafis

Memulai Menggunakan Photo Impact 8
Klik Start – Pilih Program – Pilih Ulead Photo Impact – Klik Photo Impact 8
Double Klik Short Cut Photo Impact 8

Membuka Foto pada Photo Impact 8
Klik File – Pilih Open ( Ctrl + O pada Keyboard )
Maka kotak dialog Open akan tampil, pada Look in pilih Directori/Folder tempat file foto disimpan.Klik foto tersebut kemudian pilih Open.

Menduplikasi Image
Setelah tampil pada jendela Photo Impact 8 Klik Edit pilih duplicate – pilih base image with objects, maka akan tampil duplikasi foto yang baru dengan nama file yang belum trsimpan yaitu Untitled. Setelah itu tutup foto yang pertama kali dibuka, jika meminta konfirmasi save pilih No agar foto tetap terjaga keasliannya.
Memberikan Effect pencahayaan / Photographic
Klik Effect – Pilih Photographic – Klik Enhance Lighting.
Maka akan tampil kotak dialog Enhance Lighting. Pada Fill flash tentukan pengaturan cahaya, pada Enhance shadow, tentukan

tingkat bayangan. Klik OK setelah penentuan tingkatan yang dapat dilihat pada Dual View.



Memotong Gambar Menggunakan Standard Selection Tool

Standard Selection Tools
 
Klik Standard Selection Tool pada Tool Panel, Klik tahan/seleksi gambar yang ingin kita potong kemudian lepaskan mouse, setelah area pemotongan tampil, arahkan mouse terhadap image tersebut sehingga mouse yang berbentuk anak panah tunggal menjadi bercabang empat anak panah.Klik tahan mouse dan arahkan image keluar dari lembar kerja image pertama. Setelah itu tutup image pertama dan kini hanya ada imege yang telah terpotong.

Menghapus Image Menggunakan Object Paint Erase Tools.

Klik Object Paint Erase Tools, Klik tahan untuk menghapus Image dan lakukan penghapusan secara perlahan pada bagian image yang ingin kita buang bagian yang tidak  penting. Kita juga dapat meningkatkan tingkatan ukuran/ model penghapus Object Paint Erase Tools pada Shape yang terdapat pada Attribute Toolbar.

MengAktifkan Shadow
 
Memberikan Effect Bayangan Pada Image
Shadow Mode
 
Klik Kanan Pada Object yang telah kita hapus background-nya, Pilih Shadow maka kotak dialog shadow akan tampil. Beri tanda centang pada Shadow untuk mengAktifkan atau Menon Aktifkan Shadow, Klik Ulead Color Picker maka kotak dialog Ulead Color Picker akan tampil tentukan warna dari bayangan image pilih warna yang diinginkan lalu Klik OK, Pada Shadow Mode kita dapat menentukan tata letak Shadow dengan meng-Klik pilihan Shadow Mode, Untuk meningkatkan labar Shadow secara Horizontal kita dapat menaikan dengan cara meningkatkan Pixels : X Offset, begitu juga secara Vertical Kita dapat meningkatkanya dengan menggunakan Y Offset. Sedangkan untuk Transparency adalah untuk menentukan tingkat transparan dari shadow tersebut dengan meningkatkan persentasi shadow. Jika kita ingin meningkatkan shadow secara otomatis baik secara vertical maupun horizontal.kemudian pada Soft Edge yaitu untuk menentukan Tingkat kelembutan shadow.Kli  k OK jika telah selesai.


Memberikan Background pada Image
Klik lembar kerja pada image untuk meng-Aktifkannya. Pada Panel Manager, Klik Show Easy Palette. Pada Kotak dialog MyLibrary- Easy Palette. Pilih Galleries – Klik Fill Gallery – Pilih Jenis Background – Double Klik Background yang ingin digunakan, maka akan tampil Background tersebut.

Menetapkan/ Menggabungkan Gambar
Jika penempatan gambar yang dikehendaki sudah ditentukan maka selanjutnya kita menggabungkan antara lembar kerja yang telah diberi background dan image, yaitu Aktifkan Image dengan cara meng-Klik, Klik Kanan pada Image – Pilih Merge. Maka secara otomatis gambar akan menyatu dengan background.

Memberikan Bingkai/ Frame pada Image
Setelah image telah digabungkan maka kita akan memberikan bingkai agar tampilan pada foto akan terlihat lebih menawan. Yaitu dengan cara : pada kotak dialog Fill Gallery – Klik Frame Gallery – Pilih Model gambar yang sesuai. Setelah itu double klik frame tersebut.

   
Warna Huruf

Jenis Huruf
 
Memberikan Teks Pada Image
Klik Teks Tool pada Tool Panel maka akan tampil kotak dialog Teks Panel. Pilih Syle untuk memodifikasi Teks. Klik pada imege untuk menentukan penempatan teks, Tulis teks yang diinginkan kemudian Blok teks tersebut, setelah teks terblok maka kita dapat mengganti Jenis Huruf, Bentuk Huruf, Ukuran Huruf, Paragraf dan Pewarnaan Huruf. Jika telah selesai aktifkan kembali Pick Tool dengan meng-Klik Pict Tool pada Tool Panel.
Menyimpan Image.
Ukuran Huruf
 
Klik File – Pilih Save, maka akan tampil kotak dialog Save as. Pada Save in, tentukan lokasi folder tempat Image tersimpan. Jika telah ditentukan Tulis Nama File Image Tersebut pada File Name, Pada Tab Save As Type tertulis ( UFO Ulead File For Objects ) ganti format dengan meng-Klik dan arahkan pointer pada JPG,JPEG,JPE ( JPEG file interchange format ) Klik Kemudian Klik save. Maka secara otomatis file yang tadi bernama Untitled akan tersimpan dengan nama file yang kita tulis.

Mencatak Image ke Printer
Klik Print Multiple pada Standard Toolbar. Maka secara otomatis akan tampil kotak dialog Print Multiple. Pada Printer Name tentukan jenis printer yang digunakan dengan meng-Klik Jenis Printer. Klik Ikon Printer Properties yang terletak disamping Printer Name, maka akan tampil kotak dialog printer properties. Klik Tab Main -  Pilih Media Type untuk menentukan jenis kertas. Pilih Print Quality untuk menentukan Kualitas Pencetakan. Kemudian Klik Tab Page Setup, pada Page Size/ Ukuran Halaman tentukan ukuran apakah yang diinginkan dengan catatan ukuran kertas apakah yang sudah kita siapkan pada printer. Jika semua telah selesai Klik OK. Klik Paper Layout kemudian kotak dialog Paper Layout akan ditampilkan tentukan Brand Type, dan layout untuk model kertas yaitu akan dicetak dengan orientasi Portrait/ Vertical atau Landscape/ Horizontal.Jika telah selesai Klik File Pilih Print Klik
Catatan Penting !!!
Jika Hanya Ingin satu gambar saja yang ingin dicetak maka anda cukup menghapus gambar yang anda ingin hapus dengan mengklik gambar/image tersebut kemudian tekan tombol Delete pada keyboard.
Sedia Aplikasi Handphone, Games, PolyPhonic, Wallpaper, VideoPhone, Animasi, MP3. Paket Lengkap dijamin Ok Buat Conter / Pakai Sendiri.

Magic Wand Tool
Setelah foto telah kita potong menggunakan Standard Selection Tool dan telah kita pisahkan dengan lebar image yang baru maka selanjutnya kita akan memotong gambar menggunakan magic wand tool, yaitu dengan cara klik tanda segitiga pada bagian bawah sebelah kanan standard selection tool – klik magic wand tool, kemudian pada attribute toolbar, mode pilih tanda + (plus) untuk mengaktivkannya.Arahkan pointer pada bagian image yang ingin kita potong kemudian klik untuk memulai memotongnya. Setelah di-klik tekan tombol delete untuk proses pemotongan, langkah selanjutnya pada mode klik make a new selection, geser image sehingga membuat lembar image yang baru agar potongan dapat lebih maksimal. Aktivkan kembali pick tool.

Brightness dan Contrast Image
Untuk proses pencahayaan terbagi menjadi 2 tahap yang pertama anda bisa menggunakan Effect – Photographic – Enhanced Lighting. Anda juga bisa menggunakan effek Brightness dan Contrast Image pada Standard Toolbar Klik image yang ingin anda atur pencahaayannya-Klik Brightness_Contrast (Ctrl+B)/ seperti gambar disamping. Maka akan tampil kotak dialog Brightness & Contrast. Atur tingkat pencahayaan dan perbandingan ketajaman jika telah sesuai pencahayaannya klik

No comments:

Post a Comment

Tolong isikan komentar anda yapz.....