Saturday, January 29, 2011

Menginstal Windows XP Dengan Flashdisk

Tulisan ini berawal dari keluhan rekan saya yang mengalami kesulitan dalam menginstal Windows karena pada komputernya tidak tersedia CD rom, sementara sistem yang terinstal merupakan Program Linux dan dia tidak familiar dengannya… Akhirnya, jalan terakhir ya…. harus bisa menginstal OS-nya dengan USB.

Panduan di internet terasa njlimet dan malas rasanya untuk membaca satu demi satu, akhirnya karena kasihan dengan dengan teman saya itu, memaksa saya untuk mencobanya juga… Nah berikut langkah yang perlu anda lakukan untuk dapat menginstal XP melalui USB dengan step yang saya sederhanakan.
Persiapan
1. Tentunya fasilitas bios booting komputer anda harus mendukung option menu melalui USB atau removable device. Check dengan menekan tombol F2 pada saat booting.
2. Siapkan High speed USB minimal yang berkapasitas 1 GB dan anda juga harus memiliki port USB 2.0 juga, kalo yang model lawas jangan harap bisa cepat… Sebagai reference, secara teori transfer data maksimum untuk USB 2.0 adalah 400 mbps vs USB 1.1 yang hanya 12 mbps. Pasang pada port USB komputer anda.
3. Sumber listrik AC. Jangan memformat komputer dengan hanya bermodalkan baterai saja.
4. CD installer windows XP dan copy ke hard disk anda misalnya C:\XPCD
5. Driver untuk hardware komputer anda, yang harus diinstal setelah penginstalan Windows selesai. Misalnya Chipset motherboard, VGA card driver (Misalnya ATI atau NVidia), Sound card driver (Misalnya SigmaTel atau Realtek), Bloetooth, Wireless, webcam atau yang lainnya. Biasanya disertakan dalam satu CD khusus pada saat anda membeli komputer. Jika tidak ada atau hilang, anda dapat mendownloadnya melalui internet ke manufacture yang ada.
Download software pendukung berupa USB Multiboot 10 (2 mb).
Kustomasi USB Flash Installer
Unpack software yang telah didownload dan double klik pada USB Multi boot (Klik di sini).bat

No comments:

Post a Comment

Tolong isikan komentar anda yapz.....